Uncategorized

Menulis kalimat pertama itu tidak harus sulit

temans, pernahkah anda menghabiskan sebagian besar waktu menulis anda hanya untuk menulis kalimat pertama dari keseluruhan tulisan anda?

bagi sebagian besar penulis, kalimat pertama, sering dijadikan Lead Sentence, atau kalimat topik dari keseluruhan tulisan yang akan dibuat. Artinya kemana kita akan membawa tulisan kita nantinya sangat ditentukan oleh kalimat pertama yang kita tulis.

Lead Sentence Syndrome, adalah sebuah sindrom yang melanda banyak penulis di dunia ini. Setiap penulis tentunya ingin membuat tulisannya bisa dinikmati oleh pembacanya, dan tentu saja membuat sebuah tulisan menarik untuk dibaca, berarti kita harus bisa menarik perhatian pembaca sejak kalimat pertama😀

saking umumnya permasalahan ini, sebagian besar dari kita selalu merasa bahwa perenungan panjang untuk mencari kalimat pertama adalah ritual wajar dari proses menulis buku/blog/karya tulis/laporan skripsi/apapun yang kita buat.

Namun, ternyata kesulitan menulis kalimat pertama itu bukanlah suatu hal yang mutlak sulit😀 hari ini saya menemukan sebuah tips menarik mengenai bagaimana caranya kita memudahkan itu semua, dan secara garis besar, ada 5 tips utama yang dapat kita lakukan untuk menulis kalimat yang mengawali sebuah tulisan, yaitu:

  • Jika tulisan anda adalah review mengenai sebuah buku/film/musik/apapun, mulailah tulisan anda dengan menjelaskan apa yang akan anda bahas. contoh: “Film Spider-man 3 yang dirilis pada bulan april 2007 disutradarai oleh Sam Raimi dan dibintangi oleh Tobey McGuire dan Kirsten Dunst.”
  • Jika anda menulis sebuah esai pribadi, tuliskanlah hal paling menarik dari topik anda yang kira – kira mampu membuat pembaca penasaran. contoh: “Aku adalah satu – satunya anak di kota ini yang memiliki ayah”
  • Hindari klise atau kalimat yang terlalu umum, seperti: “Semua orang menyukai film komedi” hal tersebut akan membawa anda pada struktur tulisan yang membosankan dan bertele – tele
  • Tulislah sebuah kalimat deskriptif yang mampu menjelaskan keseluruhan topik yang anda bahas. contoh: “Kopi luwak adalah kopi termahal di dunia, harganya bisa mencapai $50 per cangkir”
  • Jika anda masih kesulitan dalam memulai, cobalah menulis point – point penting yang ingin anda sampaikan, dan cobalah cari apakah di antara point tersebut ada sebuah frase yang menarik dan deskriptif. contoh: “Menulis kalimat pertama itu tidak harus sulit”

kira – kira begitulah yang bisa saya bagi pada tulisan ini, bagaimana? ternyata mulai menulis tidaklah harus sesulit yang kita bayangkan selama ini kan?😉

4 thoughts on “Menulis kalimat pertama itu tidak harus sulit

  1. Bagus tipsnya. Kalimat pertama hendaknya bukan kalimat yg panjang. Buat ia semenarik mungkin. Gunakan kalimat aktif dan pakai kata kerja. Hindari kata sifat yg berlebihan. Tulis lead dg spesifik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s