Uncategorized

Racun – racun baru telah ditemukan dalam laboraturium mailing list, waspadalah!

“Informasi dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Saat ini sedang ada wabah pengerasan otak atau sumsum tulang belakang. Jangan minum produk : extra joss, M-150, kopi susu gelas, Kiranti, Krating Daeng, Hemaviton, Neo Hormoviton, Marimas, Hore, Frutillo, Segar Sari, Pop Ice, Segar Dingin Vit C, Okky Jelly Drink, Inaco, Gatorade, Nabati, Adem Sari, Naturade Gold, Aqua Splash. Karena mengandung Aspartame racun yang menyebabkan diabetes, kanker, dan bisa mematikan, sebarkan pesan ini kepada orang – orang terdekat anda.”

Merasa mengenal paragraf di atas? Beberapa minggu yang lalu sebuah SMS berisikan pesan tersebut masuk ke ponsel saya dan kebetulan juga masuk ke ponsel seorang teman yang sedang berada di dekat saya saat itu. Teman saya itu seorang wanita yang kadang emang suka panikan, jadi bisa dibayangkan dong seperti apa reaksinya?😛 Tanpa pikir panjang Ia heboh, kemudian melisting produk – produk mana saja yang Ia konsumsi dari daftar tersebut sambil diikuti ekspresi campuran sesal, bingung dan berharap dirinya akan baik2 saja, tanpa memikirkan sisa pulsa di ponselnya, dia langsung bersiap memforward SMS yang cukup panjang itu. Sepengelirikan saya sih dia sudah beberapa belas kali menekan tombol “add recipient” di ponselnya ketika saya menunjukkan 2 page ini:

Berbeda dengan teman saya yang heboh ketika menerima sebuah pesan berantai, saya lebih suka membuka browser saya dan meng-google kebenaran dari pesan yang saya terima, hasilnya? paling tidak saya tidak perlu buang – buang pulsa untuk menyebarkan sebuah pesan yang salah ke rekan – rekan saya, dan saya tetap bisa mengkonsumsi minuman – minuman tersebut tanpa ketakutan tak berdasar :p

Ya, salah satu model hoax yang banyak beredar juga adalah hoax mengenai zat – zat racun dengan berbagai cerita bombastis yang menakut – nakuti pembacanya. Ini adalah contoh lain dari hoax yang juga sempat menghebohkan salah satu milist yang saya ikuti:

“Perihal : KARTU NAMA
Harus Dibaca dan Mohon Berhati-hatilah.
Seorang pria menghampiri seorang wanita yang sedang mengisibensin dan menawarkan jasanya sebagai pengecat serta memberikan kartu namanya. Wanita itu menolaknya namun menerima kartu nama tersebut karena sopan santun. Pria tersebut kemudian masuk ke sebuah mobil yang dikemudikan pria lain. Pada saat wanita itu meninggalkan Pompa Bensin, dia melihat bahwa pria tersebut juga meninggalkan pompa bensin tersebut pada saat yang bersamaan.
Hampir seketika, wanita tersebut merasa pusing dan kesulitan untuk bernapas. Dia mencoba untuk membuka jendela mobil dan kemudian menyadari bahwa bau tersebut berasal dari tangannya.
Tangan yang sama dengan tangan yang ia gunakan pada saat menerima kartu nama dari pria di Pom Bensin tersebut.
Wanita tersebut menyadari bahwa pria di pom bensin tersebut berada tepat dibelakang mobilnya dan ia merasa harus melakukan sesuatu pada saat itu juga. Wanita itu kemudian menepi ke jalan masuk rumah yang pertama ia temui dan memencet klakson mobilnya berulang-ulang untuk meminta tolong. Laki-laki yang membuntuti wanita tersebut kemudian melarikan diri tapi wanita tersebut masih merasa sangat pusing setelah beberapa menit sampai akhirnya dia dapat bernapas dengan normal. Sepertinya ada sesuatu yang terdapat pada kartu nama tersebut yang dapat menyakitinya.
Obat ini disebut dengan “Burun Danga” dan ini digunakan oleh orang yang ingin melumpuhkan korbannya untuk mencuri dari korban tersebut atau memanfaatkannya. Obat ini empat kali lipat lebih ampuh dari date rape drug (sorry ga ketemu terjemahan yang pas) dan dapat ditransfer kepada korban dengan sebuah kartu yang sederhana.
Jadi harap untuk memperhatikan hal ini dan jangan menerima kartu pada saat anda sendiri atau di jalanan.
Ini juga berlaku untuk orang yang tak dikenal yang datang ke rumah anda dan memberikan kartu nama pada saat menawarkan jasa mereka.
Mohon kirim e-mail ini untuk memperingati semua wanita, atau bahkan pria yang anda kenal.”

Reaksi pembaca di milist itu terhadap email tersebut? standar:
Nice info sis
Thanks for share
Wahhh, bahaya banget ya… mesti hati – hati nih…
Dan lagi – lagi, reaksi saya adalah memberikan sebuah link ke thread tersebut, yaitu:

Sebetulnya saya langsung ingin langsung meloncat ke bagian penyimpulan dari tulisan ini, tapi saya gak tahan untuk menshare satu lagi hoax seputar racun ini disini, boleh kan? (boleh lah, masa nggak :P)

Hoax ini membahas mengenai sebuah zat bernama “Dihydrogen Monoxide”, berikut adalah deskripsi mengenai zat tersebut:

“Dihydrogen monoxide:

  • is called “hydroxyl acid”, the substance is the major component of acid rain.
  • contributes to the “greenhouse effect”.
  • may cause severe burns.
  • is fatal if inhaled.
  • contributes to the erosion of our natural landscape.
  • accelerates corrosion and rusting of many metals.
  • may cause electrical failures and decreased effectiveness of automobile brakes.
  • has been found in excised tumors of terminal cancer patients.

Despite the danger, dihydrogen monoxide is often used:

  • as an industrial solvent and coolant.
  • in nuclear power plants.
  • in the production of Styrofoam.
  • as a fire retardant.
  • in many forms of cruel animal research.
  • in the distribution of pesticides. Even after washing, produce remains contaminated by this chemical.
  • as an additive in certain “junk-foods” and other food products.”

umm, sebetulnya sih hoax ini gak salah – salah amat, karena toh sebagian besar statement tersebut memang menggambarkan deskripisi dari si Dihydrogen Monoxyde tersebut, tapi karena dibungkus sedemikian rupa, email ini terasa begitu menyeramkan.

Padahal? well, saya rasa anda sudah tahu bahwa itu hanyalah sebuah joke, kalau belum mari saya jelaskan😀 dalam penamaan zat kimia, Dihydrogen berarti zat tersebut memiliki 2 atom hidrogen, Monoxyde berarti memiliki 1 atom oksigen. Zat apa yang memiliki 2 atom hidrogen dan 1 atom oksigen? Tentu saja H2O alias air😀 ya, gak salah juga sih pesan tersebut karena point – point tersebut memang menggambarkan ciri – ciri air😛

Okay, jadi kesimpulannya adalah.. kalau anda menerima informasi akan adanya sebuah zat beracun baru yang ditemukan atau semacamnya, hal inilah yang perlu anda lakukan:

  1. Jangan panik
  2. Jangan langsung membalas thread/memforward/mengRT hal tersebut
  3. Lakukan pencarian internet mengenai informasi tersebut, caranya, gunakan query ini di google:  hoax <nama racun dalam pesan> <nama organisasi terkait dalam pesan (optional)> wiki(optional), contoh: hoax burundanga wiki, hoax aspartam IDI, hoax dihydrogen monoxyde wiki
  4. Jika anda menggunakan pencarian ke wikipedia, dan anda menemukan penjelasan racun tersebut terlibat hoax, coba pelajari baik – baik halaman tersebut, pelajari prilaku zat tersebut, kemudian lakukan cross check terhadap referensinya valid atau tidak
  5. Jika anda menemukan pembahasan hoax tersebut di situs2 anti hoax, biasanya itu betul adalah hoax
  6. Jika anda telah memastikan itu adalah hoax, maka kini anda boleh merespon pesan tersebut dan jelaskan pada rekan anda yang mengirimi pesan tersebut bahwa itu adalah hoax dan berhentilah menyebarkannya🙂

Sekian tulisan saya kali ini, semoga saja bermanfaat bagi kita semua🙂

8 thoughts on “Racun – racun baru telah ditemukan dalam laboraturium mailing list, waspadalah!

  1. Saya langsung cek dengan teman saya yang seorang “pekerja kimia”. Aspartame memang beracun. Jadi, produk yang mengandung aspartame (pemanis buatan) memang beracun. Tapi yang saya tidak tahu pasti, apakah semua produk di atas itu mengandung aspartame.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s