Uncategorized

Amankah Uang di Kartu ATM Anda?

Catatan ini berawal dari kisah seorang teman saya yang baru saja kecopetan dompetnya dan uang, kartu ATM juga ktp-nya hilang bersama si dompet. Sebetulnya sih saldonya dia aman2 saja, tapi konon si pencuri sempat berhasil menebak nomer PIN-nya sebelum akhirnya diblokir sama bank.

Sedikit gambaran, membongkar kode pin seseorang itu sebetulnya sangat sulit, karena kebanyakan bank memberikan restriction bahwa setelah n kali kegagalan memasukkan pin, kartu ATM akan terblokir, sehingga kalaupun Ia punya device pembaca kartu dan bisa terhubung ke jaringan bank *jadi dia tidak perlu berdiri di ATM lama2 dan mencoba menebak – nebak kemungkinan pin* sangat kecil kemungkinannya Ia bisa menebak dengan benar.

Bagaimanapun, menurut hasil diskusi dan pengamatan saya dengan beberapa orang kolega sebetulnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencuri saldo dari kartu ATM, antara lain:

Penguntitan / Pengintipan PIN

Ini cara paling mudah dan efektif buat seorang pencopet, intip seseorang ketika memasukkan nomer PIN di ATM, kuntit dan curi dompetnya, lalu gunakan nomer PIN yang tadi dicuri.

Cara untuk mencegah kejadian seperti ini tentu saja selalu siaga di ATM, awasi baik – baik keadaan sekitar anda, usahakan hanya ke mesin ATM ketika anda mau pulang, sehingga kemungkinan anda dikuntit sampai bisa tercuri kecil.

Menebak PIN Lewat Data Pribadi

Sederhana saja, kebanyakan orang itu nomer PIN-nya antara tanggal lahir, tanggal lahir pasangan, digit terakhir nomer telpon, 1234 atau 5555.

Untuk itu, gunakan nomer PIN yang tidak akan bisa ditebak kalau seseorang mencuri dompet anda, misalnya saja tanggal lahir orang tua, nomer telepon teman atau nomer pokok mahasiswa ;p

Belanja Di Merchant

Nah, ini yang paling gampang dilakukan oleh siapa saja: DIPAKE BELANJA!

Saat ini, sebagian besar bank memberikan layanan keterhubungan ke jaringan Visa/Master Card di dalam kartu debit mereka, layaknya kartu kredit, dan ini membuat kartu anda bisa digunakan untuk berbelanja tanpa memerlukan PIN di merchant2 tertentu. Saya sendiri memiliki sebuah debit card dari “bank terbesar di Indonesia” berlogo visa yang bisa digunakan di bbrp merchant tanpa perlu memasukkan PIN, cukup tanda tangan saja, dan kalau suatu saat kartu saya hilang bersama dompet, dari KTP saya jelas si pencuri bisa mencontek tanda tangan saya.

Ditambah lagi, di beberapa kompleks pertokoan bermodel seperti ITC, banyak merchant yang tidak menyediakan EDC di tokonya sendiri, dan ini memberikan kesempatan pada bbrp merchant tertentu yang punya EDC untuk membantu “tetangga2″nya itu, yaitu jika ada customer yang mau bayar pake kartu, kartunya digesek di EDC si merchant tersebut kemudian, si merchant memberikan uang cash ke toko tempat customer belanja, dan hal ini jelas bisa dimanfaatkan oleh para pencopet sebagai “penadah” untuk kartu hasil copetan mereka.

Karena itu, bagi anda yang menggunakan kartu debit yang berlogo visa/master card, kartu anda lebih beresiko untuk dibobol dengan mudah, karena itu, ada baiknya jika kartu tersebut hilang, sesegera mungkin telpon bank anda untuk melakukan blok.

Yak, sekian dulu sedikit sharing dari saya, semoga bermanfaat🙂

One thought on “Amankah Uang di Kartu ATM Anda?

  1. Jangan biasain juga pake debit card :p lebih baik gunakan credit card!, karena debit card sekali tembus .. habislah duitmu, kalo credit card kan masih bisa ‘mengadu’ ke bank nya.

    biasakan pake segregated account buat saving account dan checking account.

    saving account –> Sobek2 kartu ATM nya ..
    checking account –> kasih jatah kecil bener setiap bulannya .. let say 1 – 2 juta .. kalo kurang ya di transfer via internet banking (ini juga token nya jangan dibawa kemana2 ya *lol*).

    sekian, terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s